Breaking News
Loading...
Saturday, November 23, 2013

Cara Membackup dan Restore Database Local Server di Prestashop Xampp

9:17 AM
Selamat malam sobbat blogger malam ini saya akan membagi bagaimana caranya Membackup dan Merestore Database di Prestashop sebelumnya tutorial ini sudah saya buat sebelumnya di blog saya ds-freelearning ok langsung aja ya sob.....


  1. Langkah pertama sobat buka browser sobat dulu bisa menggunakan mozilla atau google chrome.
  2. Kemudian sobat langsung ketikan di address bar localhost/namatoko/admin contoh seperti gambar di bawah : 
  3. Setelah masuk dasbor sobat langsung menuju menu advanced parameter pilih backup database.
  4. Langkah selanjutnya adalah sobat blogger langsung membackup databasenya klik saya telah membuat pernyataan-membuat backup baru.
  5. Setelah sobat klik maka databasenya akan otomatis terbackup dalam drive c/xampp/htdocs/namatoko/admin/backups.
  6. Backups database sukses sob....... 

Berikutnya kita akan membahas bagaimana cara merestore database di prestashop :
Sebelum panjang lebar saya menjelaskan cara-caranya saya jelaskan dulu kasusnya. sebenarnya kasus ini terjadi saat saya diberi tugas oleh dosen saya Tugasnya disuruh menginstalasi prestashop di rumah dan diperintahkan untuk mengisi beberapa produk dan dilanjutkan kembali mengganti top horizontal menu di kampus, berhubung saya ngak punya laptop adanya PC itupun masih Pentiun 3 Jadul BGT heheheheee, alhasil bingung karena temen-temen semua mengerjakan di laptop masing masing, dan mereka dengan mudah mengerjakan lagi di kampus, lahhhhh saya gmana bawanya yaaa... alhasil dengan muka lesu minta pertolongan dengan si mbah google bagaimana caranya merestore database yang saya buat di server local PC saya dirumah ke local server PC yang ada di LAB Kampus setelah lama mencari ngak ketemu juga, dengan muka putus asa akhirnya saya mengutak atik sendiri dan Alhamdulillah ketemu cara-caranya hehehehe.. udah aachhh kok jadi curhat gini mari kita praktekan langsung saja....

  1. Langkah pertama backup dulu database cara caranya ada di atas sob.. :D
  2. Buka browser sobat langsung ketik di address bar localhost/phpmyadmin/ klik tab database lalu buat database baru dengan nama yang sama dengan database yang di backup/yang di buat di PC Rumah contoh seperti gambar di bawah :
  3. Setelah database di buat maka langsung klik tab import choose file cari file database yang sudah di backup lalu klik tombol GO.
  4. Tunggu Prosesnya sampai dengan selesai jika sudah tampil seperti gambar di bawah berarti database sukses di restore/import.
  5. Sukses sob, selamat mencoba semoga tutorial saya berguna untuk kita semua terimakasih semoga bermanfaat.
Salam Blogger.......

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer